Contoh RPP Kelas 7 semester 1 kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 3.1)
Sekolah                             : SMP ……….
Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester               : VII/ 1

Standar Kompetensi        :  3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional dan   interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan       lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar          : 3.1. Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal(bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat,                                                 lancar, dan berterima untuk melakukan interaksi dengan                                                   lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang                                     yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri/orang lain, dan                                                  memerintah/  melarang

Indikator                         :  3.1.1.   Menggunakan ungkapan menyapa orang yang belum/ sudah                                                      dikenal
    3.1.2.   Menggunakan ungkapan memperkenalkan diri sendiri/  
                oranglain
                                     3.1.3.   Menggunakan ungkapan memerintah/ melarang.

Jenis teks                         :  Teks Fungsional Pendek
Aspek/ skill                      :  Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi waktu                  :  6 X 40 menit

A.   Tujuan Pembelajaran
 Pada akhir pembelajarn siswa dapat :
1.      Menemukan dan memahami fungsi ungkapan sapaan ( greeting )
2.      Mampu menyapa dan merespon sapaan orang lain
3.      Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.
4.       Menemukan dan memahami bentuk dan fungsi kalimat perintah dan larangan
5.       Menggunakan ungkapan tersebut untuk berinteraksi dengan temannya
6.      Menyapa dan merespon perintah dan larangan

B.    Materi Pembelajaran
Ungkapan sapaan: Good morning, afternoon, evening, night, how are you, by, hello, dsb.
Ungkapan untuk memperkenalkan diri dan orang lain: I’am Adi, This is Ahmad, please meet Joni, dsb.
Respon sapaan: hi, hello, I am fine, how do you do, dsb.

Vocabulary:
Verbs      : stand up, sit down, open, take, put, show, dst.
Noun       : book, pen, pencil, bag, table, chair, ruller
Form and function: imperative ( command ) , prohibition
Response: yes sir/ mam/ miss, No I won’t, of course I will, Sure I will.

C.   Metode/ Teknik Pembelajaran
·        PPP ( Presentation, Article, Production )
·        TPR ( Total Physical Response )

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Setiap pertemuan selalu dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu:

Kegiatan awal:
Greeting and calling on the roll
Apersepsi/ pre-test, review

Kegiatan inti :
Guru memberi contoh cara menyapa orang lain
      Teacher      : Good morning, class
      Students     : good morning, sir
      Teacher      ; How are you?
      Students     : We are fine, thank you.
      Teacher      : Now, listen and repeat after me!
                          ( repeat twice or three times )
Guru meminta siswa untuk menirukan ucapan guru.
o       Good morning/ afternoon/ evening/ night/ hey
o       Good morning sir/ mam/ Miss/ Madam
o       Hello, Ari
o       Hi, Budi
o       Students: ……………
o       Teacher : How are you? We are fine,/ I am fine,/ fine,/ very well
o       Students : ……………
o       ( repeat this activity for several time until the students understand well )

Guru memberi contoh cara memperkenalkan diri sendiri dan orang lain ( dengan menggunakan gesture )
Script:
Teacher      :  Hello, I am Aldi, I live in Wonogiri, Nice to meet you.
Student       :  ……………..
                    ( go to the other students )
Guru mengulang kegiatan ini dan meminta siswa untuk menirukan.
Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok dan meminta siswa secara bergiliran memperkenalkan diri kepada kelompoknya )
( do this activity for several times )

Guru memberi contoh cara memperkenalkan orang lain
( guru dengan 2 siswa memperagakan )
Teacher      :  OK. Class. Pay attention to me!
                           Eko, Susi, and Bayu, come here.
Teacher      :  This is Eko
Teacher      :  Hi, class. Nice to meet you.
Class          :  Nice to meet you, too.
Teacher      :  This is Bayu.
Bayu          :  Hello, I’m glad to meet you.
Class          :  Glad to meet you too.

Guru meminta siswa untuk menebak isi tasnya.
Teacher  :  I have something in this bag. Please guess what are they?
Students  :  ……………
    ( if the students answer in Indonesia accept it and say it in English)
Students           : (e.g.)Buku, sir, yes.
Teacher            : Yes, you are right. It is a book.
Guru menunjukkan lagi benda yang sudah diketahui sambil mengucapkan namanya dalam bahasa Inggris.
Script:
Teacher            : Look! This is a pen, a ruler, a pencil, etc.
Students           : …………….
Teacher            : Good, thank you.
Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok 4 orang per kelompok dan meminta mereka untuk menyuruh temannya untuk mengambil, menunjuk, atau menunjukkan alat-alat sekolah yang mereka punya.

Teacher  : OK. Class, sit in group at 4. then do like what I did just now.
Students : ………………….

Kegiatan Akhir:
A.  Guru dan siswa menyimpulkan kegiatan hari itu
Script:
Teacher      :  OK. Class before we end our lesson, let me ask you some questions.
Students     :  …………
Teacher      :  When we meet someone in the morning. What will you say?
Students     :  ………..
Teacher      :  Afternoon, evening, well. What will you say if you want to introduce Eko to your father, etc.

Teacher            : OK. Students, before we end our meeting today, I’d like to ask you some questions.
       Students          : …………
       Teacher           : If someone ask you to do something, What will you say?
       Students          : …………
       Teacher           : If someone ask you not to do anything. What will you say?

                B.  Guru memberi salam          
E.   Sumber Belajar:
Lingkungan kelas ( real objects around the classroom )
Buku-buku yang relevan
teacher made materials.

F.   Penilaian
1. Teknis          : Tes lisan
2. Bentuk         : Identifikasi
3. Instrumen     : terlampir

                                                                       
Mengetahui
Kepala Sekolah



……….                                     
NIP.. 131267286        

Purbalingga     Juli 2008
Guru Mata Pelajaran



……….
NIP.. 131267286




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. link 12bet casino login, free spins and deposit bonus code
    I am a 21 188bet year old 12bet Canadian and 카지노 have been playing online slots for some time now. The biggest advantage in online slots is the free spins and deposit

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.