Laporan Museum Ronggowarsito Semarang

                                                                                                                                         LAPORAN
MUSEUM RONGGOWARSITO

Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah :  Islam dan Budaya Jawa
 Dosen Pengampu : M. Rikza Chamami, M.Si


                  
Disusun oleh :

 Muhammad Abdul Aziz         (123411073)

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2015



       I.            PENDAHULUAN

                 Museum Ronggowarsito adalah salah satu tujuan wisata yang berada di jalan Abdurahman Saleh Semarang Jawa Tengah. Museum ini memiliki banyak gedung yang berisi macam-macam benda koleksi peninggalan sejarah di Indonesia. Mulai dari fosil, miniatur benda bersejarah di Indonesia, koleksi kaset musisi terkenal, kesenian daerah setempat, dan lain sebagainya.
              Museum Ronggowarsito memiliki 4 gedung pameran yaitu gedung A,B,C,D dimana kita bisa melihat berbagai benda pameran yang memiliki nilai budaya, agama, sejarah, kesenian daerah, pembangunan, adat daerah, perjuangan dan sebagainya. Museum ini mempunyai peran yang penting bagi masyarakat Semarang. Tempat ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi kepada kita akan pentingnya melestarikan dan mengetahui benda-benda yang bersejarah di Indonesia.
               Pada kesempatan kali ini penulis akan memaparkan tentang apa saja koleksi yang ada di museum Ronggowarsito, memaknai nilai Islam Jawa di museum Ronggowarsito, dan interpretasi terhadap Islam dan Jawa dari koleksi museum Ronggowarsito.

    II.            RUMUSAN MASALAH
1.      Apa saja koleksi di Museum Ronggowarsito?
2.      Apakah makna nilai-nilai Islam di Museum Ronggowarsito?
3.      Bagaimana interpretasi terhadap interelasi Islam dan Jawa dari koleksi Museum

 III.            PEMBAHASAN
1.   Koleksi di Museum Ronggowarsito
                   Pada hari Minggu tanggal 22 November 2015 pukul 09.00 WIB kami rombongan dari kelas TM 5B mengunjungi museum Ronggowarsito yang berada di jalan Abdurahman Saleh Semarang. Di museum ini terdapat banyak koleksi yang mempunyai nilai sejarah masing-masing. Koleksi yang ada di museum Ronggowarsito ialah koleksi seperti fosil, bebatuan, kaset musisi terkenal Indonesia, blencong, gerabah, terakota, atap sirap, mustoko masjid, tandu jenderal Sudirman, gambaran pertempuran ambarawa, gambaran pertempuran lima hari di Semarang, miniatur pemberontakan DI/TII, arca ganesha, tombak, warak, relief ramayana.

2.   Makna Nilai-nilai Islam Jawa yang ada di Museum Ronggowarsito
                   Pada museum Ronggowarsito kita dapat mengambil makna nilai Islam Jawa apabila kita melihat dari banyaknya koleksi yang terdapat di dalam museum tersebut. Dari sekian banyak koleksi tersebut salah satu diantarannya memiliki makna Islam dan Jawa yang dapat menambah pengetahuan kita akan peninggalan sejarah dari nenekm moyang, serta kekayaan budaya dan ciri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia terutama di tanah Jawa.

3.   Interpretasi terhadap Interelasi Islam dan Jawa dari koleksi Museum Ronggowarsito
                  Setelah melihat secara langsung dari koleksi-koleksi yang ada di museum Ronggowarsito saya mengartikan bahwa ada beberapa koleksi yang ada interelasi antara Islam dan Jawa. Miniatur bangunan Masjid Aqsha Kudus memiliki corak khas Jawa yaitu dapat dilihat dari bentuk atap bertingkat atau rumpang tiga, sedangkan simbol Islam dapat diterjemahkan keislaman seseorang yaitu terdiri dari tiga aspek: iman, islam, dan ihsan.
                Selain bangunan masjid ada koleksi wayang yang merupakan kesenian dari Jawa dan menceritakan masyarakat Jawa. Apabila dilihat dari aspek Islam wayang yang dulu oleh Sunan Kalijaga digunakan untuk sarana dakwah ajaran Islam yaitu dengan memberikan nama tokoh-tokoh pewayangan dalam bahasa arab yang memiliki unsur-unsur Islam, serta dalam cerita pewayangannya disisipi dengan pesan-pesan moral Islam.
         
 IV.                 KESIMPULAN
              Museum Ronggowarsito yang terletak di Jalan Abdurahman Saleh Semarang tidak hanya tempat wisata atau rekreasi semata. Namun, museum Ronggowarsito terdapat berbagai macam koleksi yang masing-masing mempunyai nilai dan makna. Dari sebagian koleksi yang ada mempunyai nilai perpaduan antara Islam dan budaya Jawa yang disimbolkan berupa peninggalan benda yang masih utuh sampai sekarang. Dalam hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki akulturasi antara agama dan budaya yang banyak sekali terutama di Jawa.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.